KPU PURWOREJO MELAKUKAN FGD UNTUK UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PILGUB JATENG 2018

Purworejo -  Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang bertema upaya peningkatan partisipasi masyarakat pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah tahun  2018 yang diadakan oleh KPU Kabupaten Purworejo berjalan secara tertib. Kegiatan ini berpusat di Aula Hotel Ganesha Purworejo,  pada hari Selasa,  20 Maret 2018. Bapak Drs. Dulrokhim selaku ketua KPU Purworejo menyampaikan mengenai tujuan diadakanya FGD tersebut untuk menggali ide-ide atau gagasan baru dari tokoh masyarakat yang hadir. Dalam kesempatan ini,  KPU Purworejo mengundang tokoh masyarakat,  Lembaga Swadaya Masyarakat,  Tokoh Agama,  Organisasi Difabel,  Organisasi Perguruan Tinggi yang ada di Purworejo,  wartawan media cetak,  dan organisasi masyarakat lainnya.
Kegiatan ini berlangsung dengan diskusi kelompok masyarakat membahas upaya yang perlu dilakukan agar partisipasi masyarakat dalam Pilgub meningkat.  Sebagai informasi yang perlu diketahui,  selama ini partisipasi masyarakat terhadap pemilu selalu mengalami penurunan. Hal ini terjadi karena beberapa faktor diantaranya banyaknya warga yang kerja ke luar kota dan enggan pulang untuk memberikan suaranya, beberapa orang sibuk yang acuh terhadap pemimpin,  dan kurangnya wawasan masyarakat terhadap pasangan calon gubernur.
Drs.  Dulrokhim dalam sambutannya "KPU telah melaksanakan sosialisasi di berbagai tempat,  melalui ide-ide yang diperoleh dari saran seluruh hadirin dapat digunakan untuk peningkatan partisipasi masyarakat,  setidaknya target 70% pemilih tercapai".
Melalui pemaparan mengenai kondisi masyarakat partisipasi dalam pemilu,  menarik beberapa peserta FGD.  Dalam kesempatan ini Universitas Muhammadiyah Purworejo diwakilkan oleh Ketua UKM Jurnalistik Sinar Surya,  Diki Bayu Aji memberikan beberapa yang mungkin dapat digunakan.
"Sebagai generasi muda mengucapkan terima kasih atas kerja keras KPU dalam memberikan sosialisasi,  mewakili kelompok mahasiswa ada beberapa saran yaitu sosialisasi berupa nonton bareng semua informasi pemilu dan profil cagub cawagub yang serentak dilaksanakan di seluruh balai desa,  menggandeng komunitas khususnya Purworejo yang ada di luar kota (misal CPP),  sosialisasi ke pemilih pemula yang melibatkan peran duta pemuda,  duta mahasiswa atau yang lainnya karena tutor sebaya terkadang lebih terkesan,  gencar di media sosial".
Satu suara sangat berarti,  mari sukseskan PILGUB Jateng 2018. Catat tanggalnya 27 Juni 2018.

#purworejo #umpwr #jusisiur #suskeskanpilgubjateng2018 #infopurworejo

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LOMBA FOTOGRAFI FESTIVAL JURNALISTIK PURWOREJO 2018

Wisuda Sarjana Angkatan 59 Universitas Muhammadiyah Purworejo

Buletin Lentera Edisi 12 Oktober 2018